Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra UKBI

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Diseminasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka bagi pemangku kepentingan Tingkat SMA/SMK di Kota Palu


Palu, 12 April 2023 – Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Diseminasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka bagi pemangku kepentingan Tingkat SMA/SMK di Kota Palu. Hal ini bertujuan agar semakin banyak pihak yang memanfaatkan UKBI sebagai alat ukur kemahiran berbahasa Indonesia untuk menjadi acuan dalam meningkatkan kualitas sistem pembelajaran bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan. Kegiatan ini diikuti oleh 25 kepala SMA/SMK dan 25 operator IT. Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Asrif, M.Hum., dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, Yudiawati V. Windarrusliana, S.K.M., M.Kes. menghadiri kegiatan dan memberi sambutan kepada para peserta.

Dalam sambutannya, Asrif menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia semestinya tidak hanya bertumpu untuk mengukur kemahiran berbahasa asing, tetapi juga bahasa Indonesia. Tes UKBI menjadi jalan utama dalam mengukur kemahiran seserang dalam berbahasa Indonesia secara tulis dan lisan. Tak hanya itu, para pelajar dapat mengikuti tes UKBI secara gratis sehingga pelaksanaan dapat dilakukan secara masif. Oleh sebab itu, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah menyediakan layanan bagi sekolah-sekolah yang ingin bekerja sama untuk mengikutsertakan para pelajar ke tes UKBI. Diharapkan melalui kegiatan ini, target peserta UKBI dari Sulawesi Tengah yang bejumlah 1.069 orang dapat tercapai.


Sebelum membuka acara, Yudiawati menyampaikan apresiasinya terhadap Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah yang telah mengadakan kegiatan Diseminasi UKBI bagi Pemangku Kepentingan Tingkat SMA/SMK di Kota Palu. Yudiawati berharap kegiatan ini dapat ditindaklanjuti melalui koordinasi dengan dinas dan sekolah-sekolah serta penyampaian data hasil UKBI agar kemahiran berbahasa Indonesia para pelajar serta sikap positif terhadap bahasa negara dapat meningkat.


Dalam kegiatan ini, para peserta dari kalangan pemangku kepentingan mendapatkan tes UKBI secara gratis sebagai bagian dari program kebijakan pemerintah. Kemahiran mereka dalam mendengarkan, merespons kaidah, dan membaca diuji. Para peserta juga dibimbing oleh narasumber dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Tri Wulandari, M.Hum. untuk mengenali perkembangan sistem UKBI Adaptif Merdeka dan cara pendaftaran tes UKBI. Tri juga menyosialisasikan Apresiasi Giat UKBI, salah satu program unggulan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang memberikan apresiasi berupa uang pembinaan kepada sekolah-sekolah yang telah mendaftarkan pelajarnya tes UKBI dan mengumpulkan video, foto, dan artikel sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *