Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Artikel Bahasa Berita Sastra

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Gelar Malam Penghargaan Kebahasaan dan Kesastraan Sulawesi Tengah 2023

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah (BBPST) menggelar malam penganugerahan Penghargaan Kebahasaan dan Kesastraan Sulawesi Tengah 2023 pada Kamis, 23 November 2023 di Hotel Best Western Palu. Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Andi Kamal Lembah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pejuang bahasa dan sastra yang berdedikasi di bidang kebahasaan dan kesastraan di Sulawesi Tengah, menggaungkan kepada halayak mengenai kegigihan mereka dalam menjaga bahasa dan sastra yang merupakan kekayaan budaya Sulawesi Tengah, serta mengabarkan kepada generasi muda bahwa jalan bahasa dan sastra ini adalah jalan yang mulia, jalan yang harusnya tidak menjadi jalan sunyi.

Kepala BBPST, Asrif, mengatakan bahwa sebagai UPT Badan Bahasa Kemendikbudristek, BBPST meniatkan untuk melaksanakan program ini secara berkelanjutan dengan mengusung semangat fokus dan kolaborasi. Pada tahun ini, ada 4 kategori penghargaan yang diberikan yaitu Pegiat Bahasa, Sastrawan Kontemporer, Maestro Sastra, serta Komunitas Bahasa dan Sastra. Dari kategori Pegiat Bahasa, terpilih 3 nomine yaitu Abd. Karim Ibrahim dari Kabupaten banggai Kepulauan, Maryam G. Mailili dari Kabupaten Buol, dan Wister Katili dari Kabupaten Banggai. Dari kategori Sastrawan Kontemporer, terdapat 3 nomine yaitu Agustan T. Syam dari Kota Palu, Jamrin Abubakar dari Kabupaten Donggala, dan Masamah Amin Syam dari Kota Palu. Untuk kategori Maestro Sastra terjaring 2 nomine yaitu Yonathan Tokii dan Rein Puragombo yang keduanya berasal dari Kabupaten Poso. Sedangkan pada kategori Komunitas Bahasa dan Sastra terpilih 3 nomine yaitu Komunitas Guru penggerak Literasi dari Kabupaten Parigi Moutong, Komunitas Sou Mpobaca Tata Vuri dari Kota Palu, dan Sanggar Seni dan Budaya Tonggoli dari Kabupaten Poso.

Pada tahun ini, yang mendapatkaan Penghargaan Kebahasaan dan Kesastraan Sulawesi Tengah yaitu Maryam G. Mailili untuk kategori Pegiat Bahasa, Jamrin Abubakar untuk kategori Sastrawan Kontenporer, Yonathan Tokii untuk kategori Maestro Sastra, dan Komunitas Sou Mpobaca Tata Vuri untuk kategori Komunitas Bahasa dan Sastra.

#MerdekaBelajar

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *