Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Bermuatan Kearifan Lokal Sulawesi Tengah

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Bermuatan Kearifan Lokal Sulawesi Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat membantu proses pembelajaran bahasa Indonesia sekaligus mengenalkan ciri khas etika dan kebudayaan masyarakat Sulawesi Tengah kepada penutur asing.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari pada 20–22 Maret 2023 di Hotel Best Western Coco Plus Palu. Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari dosen, penulis, guru bimbingan pelajar, dan pengajar BIPA. Tiga narasumber diundang untuk membimbing peserta dalam penyusunan bahan ajar yaitu Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Asrif, M.Hum., pegawai Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Ferry Yun Kurniawan, S.Pd., dan Ketua Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Cabang Sulawesi Tengah, Asrianti, S.Pd., M.Pd.

Selama tiga hari, para peserta mendengarkan pemaparan serta saran dan rekomendasi dari para narasumber agar mampu menyusun buku ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) bermuatan kearifan lokal Sulawesi Tengah, kurikulum BIPA bagi tenaga kerja asing (TKA), dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) BIPA. Saat mengikuti kegiatan ini, para peserta sangat antusias untuk menghasilkan bahan ajar yang memuat kearifan lokal Sulawesi Tengah serta sesuai dengan kebutuhan dan konteks pemelajar BIPA.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *