Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Diseminasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi Pemangku Kepentingan Tingkat SMP di Kota Palu

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah (BBPST) melaksanakan kegiatan Diseminasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pemangku Kepentingan Tingkat SMP di Kota Palu pada hari Jumat, 10 Maret 2023 di Hotel Best Western Coco Plus Palu. Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan mengenai manfaat UKBI sehingga mereka terdorong untuk melaksanakan tes UKBI di sekolah masing-masing. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri atas 25 kepala sekolah atau perwakilan dan guru/juru TIK dari 25 SMP di bawah naungan. Diharapkan melalui kegiatan ini, BBPST dan setiap sekolah dapat bekerja sama untuk melaksanakan UKBI agar kemahiran berbahasa Indonesia para pelajar SMP dapat terukur.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Hardi. S.Pd., M.Pd. membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu menjelaskan bagaimana bahasa Indonesia jarang diperhatikan dalam lingkungan pendidikan meskipun bahasa Indonesia memiliki fungsi yang sangat penting. Beliau berharap UKBI dapat dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan untuk mengukur kemahiran tenaga pendidik dan siswa. Kepala Subbagian Umum BBPST, Anita Yudhistira, S.S. juga hadir untuk memberikan sambutan. Beliau menyampaikan harapan-harapan Kepala BBPST, Dr. Asrif, M.Hum. mengenai pelaksanaan UKBI di Kota Palu. Salah satu harapan tersebut adalah agar pelaksanaan UKBi tidak berhenti di tahap diseminasi saja, tapi ditindaklanjuti secara berkelanjutan.

Setelah sesi pembukaan, 25 peserta kepala sekolah mengikuti tes UKBI sebagai bagian dari program kebijakan pemerintah. Proses pendaftaran tes UKBI didampingi oleh tim UKBI BBPST dan guru/juru TIK. Dalam tes tersebut, kemahiran peserta dalam aspek mendengarkan, merespons kaidah, dan membaca diuji.

Setelah mengikuti tes, para peserta mendengarkan materi dari dua narasumber yaitu anggota KKLP UKBI Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Dra. Yanti Riswara, M.Hum. dan koordinator KKLP UKBI BBPST, Magfira Cahyadhea, S.S.. Dra. Yanti Riswara, M.Hum menyampaikan materi tentang pemanfaatan UKBI di bidang pendidikan dan mengulik lebih dalam mengenai sistem UKBI beserta soal-soalnya. Magfira Cahyadhea, S.S.menyampaikan informasi mengenai implementasi kebijakan kemahiran berbahasa yang telah dilaksanakan oleh BBPST serta menyosialisasikan program Apresiasi Giat UKBI kepada para peserta. Para peserta secara antusias merespons para pemateri dan mengenal lebih dalam tentang UKBI.

#ujikemahiranberbahasaindonesia
#ukbi
#terujilebihterpuji
#balaibahasasulteng

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *