Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Pelatihan Penulisan dan Penerjemahan Bahan Bacaan Anak Dwibahasa Tahun 2023

Palu, 12-15 Maret Tahun 2023 Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Pelatihan Penulisan dan Penerjemahan Bahan Bacaan Anak Dwibahasa. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring naskah Bahan Bacaan Anak Dwibahasa dan juga untuk mencetak penulis yang handal dalam menulis bahan bacaan anak yang menarik melalui bimbingan oleh narasumber-narasumber yang profesional.

Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Tengah. Peserta dari kegiatan tersebut merupakan 39 peserta yang lolos seleksi yang terdiri dari para penulis dari kabupaten kota di Sulawesi Tengah.

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut Balai Bahasa Sulteng mendatangkan beberapa narasumber diantaranya Penerjemah Ahli Madya Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa (Pustanda), Marike Ivone Onsu, S.S. M.Hum. yang memaparkan mengenai teknik dasar penerjemahan bahasa daerah – bahasa indonesia. Ketua TBM Nemu Buku, Neni Muhidin yang menjelaskan tentang kearifan-kearifan lokal di sulawesi tengah, dan penulis bacaan anak Ali Muakhir yang memaparkan tentang penulisan storyboard.

Selain dilaksanakan secara bersemuka, pelatihan ini juga dilaksanakan melalui pertemuan di ruang virtual zoom meeting yang menghadirkan Ketua Komunitas Pencinta Bacaan Anak (KPBA) Dr. Murti Bunanta, M.A. yang memaparkan dasar-dasar penulisan cerita anak dan cerita rakyat sebagai bahan bacaan anak dan Wijanarko Ali Nugroho dari Pusat Perbukuan yang memaparkan penjenjangan buku.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *