Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melakukan pengambilan data kosakata bahasa Banggai di Kab. Banggai Kepulauan

Hai #sahabatbahasa dan #sahabatdikbud

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melakukan pengambilan data kosakata bahasa Banggai yang dilaksanakan di Kab. Banggai Kepulauan pada tanggal 14–20 Februari 2023.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendokumentasikan, melestarikan, dan sekaligus menjaring bahasa Banggai guna diusulkan sebagai entri (kosakata) bahasa Indonesia melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Sebelum melakukan pengumpulan data, tim pengambilan data (Syahari Ayu dan Nurmiah) berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Banggai Kepulauan, Rusli Moidady, S.T., M.T. dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banggai Kepulauan, Aryono Orab, S.Pd., S.Sos., M.M. sebagai bentuk dukungan sebagaimana dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2007 tentang pedoman bagi kepala daerah dalam pelestarian dan pengembangan bahasa daerah, pasal 2, poin b dinyatakan bahwa “Kepala daerah bertugas melaksanakan pelestarian dan pengembangan bahasa daerah sebagai unsur kekayaan budaya dan sebagai sumber utama pembentuk kosakata bahasa Indonesia”.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *