Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melalui KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia di Kabupaten Tolitoli

Senin, 17 Juli 2023. Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melalui KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia di Kabupaten Tolitoli. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 17—19 Juli 2023 di Hotel Mitra Utama, Jalan Malatuang, Kab. Tolitoli.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 guru SD se-Kabupaten Tolitoli dengan harapan ilmu yang diperoleh akan diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga para pelajar juga dibekali oleh ilmu untuk berbahasa Indonesia secara baik dan benar sejak kecil.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli, Usman, S.E., M.M., M.H. Usman memberikan apresiasi kepada Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah yang telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SD dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Pesan serupa disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Asrif, M.Hum. Asrif menekankan betapa pentingnya peningkatan berbahasa Indonesia bagi kalangan guru SD. Sekolah dasar adalah tempat bagi generasi muda membangun pondasi ilmu, termasuk ilmu kebahasaan.

Dalam kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia di Kabupaten Tolitoli, peserta diberikan ilmu yang mendalam mengenai ejaan yang disempurnakan (EYD), bentuk dan pilihan kata, tata kalimat, dan tata paragraf. Lima narasumber dari tiga lembaga hadir di dalam kegiatan ini yaitu Syahari Ayu Bachtiar, S.S. dan Songgo, M.Pd. dari Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Yunidar Nur, M.Hum. dari Universitas Tadulako, serta Afifah Istiqomah, S.Pd., M.Pd. dan Mario, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Madako. Diharapkan melalui kegiatan ini, guru-guru SD dapat mentransfer ilmu kebahasaan yang didapatkan kepada siswa-siswi yang dididik agar terbentuk generasi muda Tolitoli yang bangga berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

#penyuluhanbahasaindonesia
#balaibahasasulteng

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *