Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra

Balai Bahasa Sulawesi Tengah Gandeng Pemerintah Kabupaten Poso dalam Upaya Revitalisasi Bahasa Pamona Tahun 2023

Senin, 19 Desember 2022, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah (BBPST) berkunjung ke Kabupaten Poso dalam rangka Audiensi Revitalisasi Bahasa Daerah yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. Salah satu bahasa yang akan direvitalisasi oleh BBPST adalah bahasa Pamona dengan mayoritas penuturnya tersebar di Kabupaten Poso. Oleh sebab itu, BBPST mengunjungi kantor Bupati, DPRD, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Poso untuk menginformasikan upaya revitalisasi bahasa Pamona sekaligus meminta dukungan dari masing-masing lembaga.


Dalam kunjungan tersebut, BBPST berhasil menemui Sekretaris Daerah Frits Sam Purnama, S.H., M.A.P., Ketua DPRD Sesi Kristina Dharmawati Mapeda S.H., M.H., dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dedriawan Talingkau, S.STP. Kepala BBPST, Dr. Asrif M.Hum., menyampaikan amanat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai program Merdeka Belajar Episode 17: Revitalisasi Bahasa Daerah dan bagaimana Sulawesi Tengah menjadi salah satu dari 18 provinsi yang akan menjalankan program tersebut pada tahun 2023. Oleh karena itu, pemerintah setempat diharapkan dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelaksanaan program tersebut.
Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan apresiasi dan dukungan mereka kepada BBPST atas upaya revitalisasi ini. BBPST dan Pemerintah Kabupaten Poso diharapkan dapat menjalin kerja sama yang intens dan komunikatif agar program ini berjalan sukses dan berhasil menumbuhkan rasa cinta pada bahasa dan sastra Pamona di kalangan generasi muda.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *