Home » Berita » Bahasa » Balai Bahasa Sulawesi Tengah Ikut Memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra 2022 dengan Sejumlah Kegiatan

Balai Bahasa Sulawesi Tengah Ikut Memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra 2022 dengan Sejumlah Kegiatan

Bulan Bahasa tahun 2022 akan dirayakan oleh Balai Bahasa Sulawesi Tengah dengan sejumlah kegiatan kebahasaan dan kesastraan. Tahun 2022, Balai Bahasa Sulteng akan merayakan Bulan Bahasa dengan tema “Bangkit Bersama”. Melalui tema itu, Balai Bahasa akan mengajak masyarakat Sulawesi Tengah untuk bersama-sama menjayakan bahasa Indonesia yang merupakan bahasa negara sekaligus bahasa persatuan, melestarikan bahasa daerah melindungi dan mengembangkan sastra Indonesia dan daerah, bersama-sama memajukan literasi masyarakat di Sulawesi Tengah.
Kegiatan Bulan Bahasa tahun 2022 ini dirayakan melalui sejumlah kegiatan kebahasaan dan kesastraan. Kegiatan itu antara lain 1) Penayangan Video Menjalin Indonesia dari Sulawesi Tengah, 2) Bincang Bahasa Negara, 3) Bincang Bahasa Ragam Jurnalistik, 4) Bincang Literasi Keluarga, 5) Bimtek Pengusulan Kosakata ke KBBI, dan 6) Giat Literasi Anak. Sejumlah lomba kebahasaan dan kesastraan bagi anak akan digelar melalui Giat Literasi Anak.
Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Asrif, menjelaskan bahwa diskusi bahasa ragam jurnalistik menjadi kegiatan utama Bulan Bahasa didasari oleh semakin beratnya tantangan kebahasaan bagi para insan jurnalis di masa sekarang. Selain diskusi bahasa ragam jurnalistik, Balai Bahasa juga mengusung sejumlah kegiatan literasi. “Kita perkuat semua lini keliterasian. Balai Bahasa akan selalu berada di garda terdepan bersama pemerintah setempat dan juga organisasi masyarakat yang bergerak di bidang literasi,” terang Asrif.
Bulan Oktober merupakan Bulan Bahasa. Pada bulan Oktober 1928, bahasa Indonesia disepakati sebagai bahasa persatuan oleh pemuda Indonesia. Bulan Oktober 1928 menjadi bulan bersejarah bagi Indonesia karena pada bulan itulah, bahasa Indonesia dikumandangkan oleh para pemuda sebagai bahasa persatuan, yang menyatukan perbedaan banyak bahasa daerah, menyatukan etnik, golongan, dan lainnya. Dengan bahasa Indonesia, pemuda dari berbagai daerah menyatu dalam bahasa yang sama: bahasa Indonesia.
Melalui Bulan Bahasa tahun 2022, masyarakat Indonesia terus berbahasa Indonesia yang baik dan benar, berbahasa sehat, berbahasa yang positif. Bahasa daerah lestari dengan baik, juga literasi masyarakat Sulawesi Tengah yang terus menguat.

Check Also

Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Senin, 16 Januari 2023Dua staf Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *