Home » Berita » Bahasa » Bimbingan Teknis (bimtek) bagi Calon Tenaga Pengajar BIPA

Bimbingan Teknis (bimtek) bagi Calon Tenaga Pengajar BIPA

Palu. Afiliasi Pengajar dan Pegiat BIPA (APPBIPA) Sulteng bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Sulteng melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) bagi calon tenaga pengajar BIPA. Kegiatan yang diikuti oleh pengurus APPBIPA, pegiat kursus bahasa asing, dan mahasiswa berlangsung pada tanggal 28—30 Agustus 2022, bertempat di aula Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Tengah di Kota Palu.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut menghadirkan sejumlah narasumber nasional dan daerah. Narasumber nasional antara Dr. Iwa Lukmana, M.A. yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa (Pustanda) Badan Bahasa Kemendikbudristek. Selain Kepala Pustanda, narasumber nasional lainnya ialah Fery Yun Kurniawan dari Pustanda Badan Bahasa. Narasumber dari Sulawesi Tengah antara lain Asrianti, M.Pd. (Ketua APPBIPA Sulteng) Deni Karsana, M.A. (Pegiat BIPA), dan Dr. Asrif, M.Hum. (Kepala Balai Bahasa Sulteng).

Dr. Iwa Lukmana, M.A. saat memberikan sambutan, mengingatkan potensi ke-BIPA-an di Sulawesi Tengah terutama kepada para pekerja asing. Untuk itu, Kepala Pustanda Badan Bahasa itu mengingati pegiat BIPA untuk mengingatkan kepada para pemilik perusahaan agar menyiapkan dan melaksanakan fasilitasi pembelajaran bahasa Indonesia bagi TKA. Kepala Balai Bahasa, Asrif, menyatakan, sekitar 9 ribu TKA di Kabupaten Morowali, belum termasuk di Kabupaten Morowali Utara, Kab. Banggai, Kota Palu, dan Kab. Donggala, menjadi target utama atau sasaran pelaksanaan program BIPA. Jumlah sangat banyak itu memerlukan tenaga dan kesiapan anggaran yang memadai.

Peserta mengikuti bimtek dengan baik. Selain metode ceramah, peserta juga membangun diskusi dan praktik mengajar BIPA. Tujuannya agar peserta dapat mahir mengajarkan bahasa Indonesia sesuai dengan kebutuhan orang asing yang memerlukan fasilitasi bahasa Indonesia.

Check Also

Pendampingan UKBI dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra di Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Pendampingan UKBI dari PusbinPalu, 20—25 November 2022, Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *