Home » Berita » Bahasa » Diskusi Kelompok Terpumpun Revitalisasi Sastra Lisan Ande-Ande

Diskusi Kelompok Terpumpun Revitalisasi Sastra Lisan Ande-Ande

Diskusi Kelompok Terpumpun Revitalisasi Sastra Lisan Ande-Ande

Diskusi Kelompok Terpumpun Revitalisasi Sastra Lisan Ande-Ande

Senin, 29 Agustus 2022,
Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Revitalisasi Sastra Lisan Kabupaten Banggai di kota air, Luwuk. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Banggai itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Banggai, Haris Kalatasik. S.H.
Diskusi dipimpin langsung oleh Kepala Balai Bahasa Prov. Sulawesi Tengah, Dr. Asrif, M.Hum, didampingi para narasumber yang merupakan tokoh dan dewan adat Kab. Banggai.
DKT yang dihadiri oleh lima belas peserta yang terdiri atas pemangku adat, budayawan, komunitas sastra, tenaga pendidik, dan pelaku sastra itu menyepakati revitalisasi sastra lisan Ande-ande menjadi hal serius dan penting dalam melindungi kebudayaan masyarakat Banggai. Revitalisasi itu merupakan salah satu bentuk pelindungan dan pelestarian terhadap sastra lisan Ande-ande.
Tahap selanjutnya setelah DKT adalah pelatihan kepada guru-guru yang meminati atau berkompeten dalam sastra lisan Ande-ande.
Pelibatan guru dianggap penting karena guru akan mengembangkan sastra lisan Ande-ande ke siswa dalam jangka waktu panjang.
Selain pelatihan, revitalisasi akan dimasyarakatkan dalam bentuk festival. Festival dinilai penting karena dapat menarik perhatian besar dari masyarakat dan memperkuat komitmen Pemerintah untuk melanjutkan revitaliasasi Ande-ande.

Check Also

Pendampingan UKBI dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra di Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Pendampingan UKBI dari PusbinPalu, 20—25 November 2022, Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *