Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra

GIAT LITERASI DI TAMAN VATULEMO, KOTA PALU

Taman Vatulemo Kota Palu, setiap hari Sabtu dan hari Minggu, selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Kota Palu. Setiap pagi pada hari Sabtu dan hari Minggu, ratusan warga memadati taman itu untuk melaksanakan olah raga, jualan, atau sekadar mencicipi kuliner yang tersedia di semua pojok Taman Vatulemo. Di beberapa pojok lapangan, sejumlah pegiat literasi turut meramaikan Taman Vatulemo dengan membuka lapak literasi bagi masyarakat yang berkunjung ke taman yang berada di depan Kantor Walikota Palu

Minggu, 12 Februari 2023, Asrif, Kepala Balai Bahasa Sulteng, memantau titik-titik pegiat literasi membuka lapak. Dari tiga titik yang selama ini menjadi tempat pegiat literasi bukan lapak, hanya satu tempat yang tetap bertahan membuka lapak. Lapak itu milik pemerintah daerah berupa Perpustakaan Keliling. Dua lapak lainnya pada hari Minggu itu belum berkesempatan membuka lapak literasi.

Ketidakhadiran dua pelapak literasi pada hari Minggu itu merupakan salah satu potret dinamika para pegiat dan komunitas penggerak literasi di Kota Palu dan bahkan Indonesia. Para pegiat dan komunitas penggerak literasi memiliki semangat dan kinerja yang tinggi, namun semangat itu terkadang terkendala oleh dukungan sarana dan prasarana, modal, dan lainnya. Ayo bersama mendukung dan menopang para pegiat dan komunitas penggerak literasi demi membaik dan sejahteranya masyarakat Indonesia. (As)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *