Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Artikel Bahasa Berita Sastra

Kepala Pustanda Hadiri Festival Tunas Bahasa Ibu Sulawesi Tengah

Senin sore, 13 November 2023, ratusan warga memadati salah satu ruangan di Hotel Best Western, Kota Palu. Saat itu akan berlangsung pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Provinsi Sulawesi Tengah. Ratusan peserta festival itu datang dari berbagai daerah. Ada yang dari Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Banggai, Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala, dan Kota Palu.

Pembukaan FTBI yang dimulai pukul 16.00 Wita, dihadiri oleh sejumlah pejabat Kemendikbudristek, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, pimpinan OPD, pegiat bahasa daerah, dosen, guru, tokoh budaya, dan pihak lainnya. Ruangan pelaksanaan kegiatan dipenuhi oleh peserta festival untuk menyambut acara pembukaan.

FTBI Sulawesi Tengah rupanya mendapat perhatian pemerintah pusat. Dr. Iwa Lukmana yang merupakan Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa (Pustanda) Kemedikbudristek hadir langsung di Kota Palu untuk mengikuti acara pembukaan. Selain itu, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Dr. Fakruddin (Asisten I Bidan Pemerintahan dan Kesra) hadir langsung dan menyampaikan sambutan atas nama Gubernur Sulawesi Tengah.

Di tengah ruang acara pembukaan, hadir ratusan siswa berpakaian daerah masing-masing. Selain itu, masyarakat yang memadati ruangan ada yang duduk di kursi, sebagian berdiri, dan bahkan ada yang duduk melantai. Kegiatan festival itu merupakan program Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah. Festival itu merupakan bagian dari kegiatan revitalisasi bahasa daerah yang dilaksanakan di lima kabupaten, yakni di Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Banggai, Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala, dan Kota Palu. Melalui festival, peserta akan mempertunjukkan kemampuan berbahasa daerah yang dipelajari selama tahun 2023.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *