Home » Berita » Bahasa » Ketua Adat Suku Andio Menyambangi Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Ketua Adat Suku Andio Menyambangi Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah


Halo Sahabat Bahasa. Senin, 26 September 2022, Bapak Rahmat Djalil (Ketua Adat Suku Andio) menyambangi BBP Sulawesi Tengah. Bertempat di ruang kerjanya, Asrif menerima kunjungan Ketua Adat Suku Andio. Ibu Nurmiah, S.S. (Ketua Tim Pemetaan Bahasa BBP Sulawesi Tengah) mendampingi Kepala BBP Sulteng dalam pertemuan itu.
Kunjungan Ketua Adat Suku Andio ke BBP Sulteng merupakan tindak lanjut dari Seminar Bahasa Andio yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Banggai pada tanggal 22 September 2022 di Kab. Banggai. Ketua Adat mengajukan permintaan koreksi data bahasa Andio agar data bahasa Andio yang diteliti BBP Sulteng menghasilkan data yang lebih kuat dan akurat.
Kepala BBP Sulteng menyambut baik permintaan Kepala Suku Adat Andio. Untuk itu, data pemetaan bahasa untuk isolek Andio yang dihimpun pada tahun 2008 akan dicermati bersama antara tim peneliti dan informan/masyarakat adat suku Andio.
Saat ini, Pemerintah Kabupaten Banggai telah mengakui bahasa Andio sebagai salah satu bahasa daerah di Kabupaten Banggai. Semula, hanya disebutkan tiga bahasa di Kabupaten Banggai yakni bahasa Banggai, Balantak, dan Saluan. Jika Tim Pemetaan Bahasa BBP Sulteng berhasil identifikasi isolek Andio sebagai bahasa, maka BBP Sulteng akan mengajukan bahasa Andio sebagai salah satu bahasa daerah ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Check Also

Pendampingan UKBI dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra di Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Pendampingan UKBI dari PusbinPalu, 20—25 November 2022, Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *