Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra

Kunjungan Tim UKBI Balai Bahasa Sulteng dan Pusat Pembinaan Bahasa melakukan Koordinasi Sekolah, Universitas dan Dinas Pendidikan

Selasa, 22 November 2022, Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah didampingi oleh Tim UKBI Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, dan Tim UKBI Balai Bahasa Jawa Tengah sebagai instansi yang memiliki capaian UKBI terbanyak di seluruh Indonesia pada tahun 2022 melakukan koordinasi dengan SMPN Model Terpadu Madani, Universitas Alkhairat, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi layanan UKBI di setiap instansi yang ada di Sulawesi Tengah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pandangan ke tim UKBI Balai Bahasa Sulteng untuk bisa merancang strategi dalam menghadapi kemungkinan kendala yang akan muncul dalam pelaksanaan layanan UKBI di instansi/lembaga pemerintah.

Pada kunjungan pertama ke SMPN Model Terpadu Madani, Tim UKBI disambut baik oleh Kepala Sekolah, Syufriadi Jafar, M.Pd., yang langsung mempersilakan tim UKBI untuk memantau pendaftaran tes UKBI di laboratorium komputer. Terdapat tiga kelas yang melakukan pendaftaran yang nantinya akan melaksanakan tes pada tanggal 28 November. Selain itu, tim UKBI juga berdiskusi mengenai kerjasama di tahun selanjutnya dalam hal pelaksanaan UKBI dimana nilai tes UKBI akan menjadi pengganti nilai bahasa Indonesia.

Pada kunjungan kedua ke Universitas Alkhairat, tim UKBI disambut langsung oleh Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas, S.Pi., M.S.i. yang didampingi oleh Dekan Fakultas Sastra Unisa, dan Dekan FKIP Unisa. Pertemuan ini membahas tentang rencana penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Alkhairaat Palu dan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah dalam hal kebahasaan dan salah satunya UKBI.

Pada kunjungan ketiga ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, tim UKBI bertemu dengan Yudiawati V. Windarusliana, S.K.M., M.Kes. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah. Kunjungan ini membahas tentang tindak lanjut surat pemberitahuan pelaksanaan UKBI yang sebelumnya pernah disebarkan ke seluruh SMA/SMK di kota maupun kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah. Ibu Kadis mengharapkan semua siswa SMA dan SMK Provinsi Sulawesi Tengah di tahun 2023 dapat melaksanakan UKBI sebagai bentuk pemartaba

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *