Home » Berita » Bahasa » Lokakarya Hasil Inventarisasi Kosakata Bahasa Daerah Sulawesi Tengah

Lokakarya Hasil Inventarisasi Kosakata Bahasa Daerah Sulawesi Tengah

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah (BBPST) menyelenggarakan Lokakarya Hasil Inventarisasi Kosakata Bahasa Daerah Sulawesi Tengah pada tanggal 21—23 Juni 2021 bertempat di Ruang Mellinea I Hotel Best Western, Palu. Peserta lokakarya tersebut berasal dari penutur jati bahasa Kaili dialek Rai, bahasa Buol, bahasa Bungku, bahasa Pipikoro, dan bahasa Saluan. Selain itu, kegiatan itu juga diikuti pakar sekaligus penutur bahasa Buol dan bahasa Saluan. BBPST juga mengundang pemerhati bahasa dari beberapa instansi. Lokakarya Hasil Inventarisasi Kosakata Bahasa Daerah Sulawesi Tengah secara resmi dibuka oleh Kepala BBPST, Dr. Sandra Safitri Hanan, M.A. pukul 16.00. Acara pembukaan lokakarya diliput oleh LPP RRI Palu.
Kegiatan itu merupakan tindak lanjut pengambilan atau pengumpulan data kosakata bahasa daerah di Sulawesi Tengah yang terdiri atas lima bahasa, yaitu bahasa Bungku di Kabupaten Morowali, bahasa Buol di Kabupaten Buol, bahasa Saluan di Kabupaten Banggai, bahasa Kaili dialek Rai di Kabupaten Donggala, dan bahasa Pipikoro di Kabupaten Sigi. Lokakarya tersebut bertujuan memverifikasi data hasil inventarisasi kosakata kelima bahasa daerah tersebut.
Hari pertama, Senin, 21 Juni 2021, setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari tim perkamusan BBPST tentang “Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Kosakata Bahasa Daerah”. Hari kedua dilanjutkan dengan diskusi dan verifikasi data kosakata bahasa daerah. Besok, hari ketiga, Rabu, 23 Juni peserta akan melanjutkan verifikasi kosakata bahasa daerah sesuai dengan pembagian tim masing-masing.

Check Also

Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Senin, 16 Januari 2023Dua staf Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *