Home » Berita » Lomba Ketangkasan Berbahasa 2020 Balai Bahasa Sulawesi Tengah Telah Sukses dilaksanakan

Lomba Ketangkasan Berbahasa 2020 Balai Bahasa Sulawesi Tengah Telah Sukses dilaksanakan

Rabu 10 Juni 2020, Balai Bahasa Sulawesi Tengah mengadakan kegiatan Lomba Ketangkasan Berbahasa 2020 dengan tema “Belajar Dari Covid-19“. Lomba ini dimulai dengan pembukaan pendaftaran dan pengiriman berkas pada tanggal 10–27 Juni 2020, dilanjutkan dengan penilaian naskah hingga 29 Juni 2020 dan berakhir dengan pengumuman pada tanggal 30 Juni 2020.

Lomba diikuti oleh siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Sulawesi Tengah. Tiap jenjang pendidikan memiliki lombanya masing masing. SD/MI dengan “Lomba Cipta Puisi“, SMP/MTs dengan “Lomba Penulisan Cerpen“, SMA/SMK/MA dengan “Lomba Penulisan Esai“, semuanya menggunakan tema yang sama yaitu “Belajar Dari Covid-19”. Dari setiap jenjang lomba tersebut akan dipilih masing masing 10 orang, sehingga akan dipilih total 30 pemenang dari semua jenjang. Tidak hanya itu Balai Bahasa Sulawesi Tengah juga menyiapkan hadiah berupa uang tunai, plakat, dan piagam sebagai penghargaan untuk para pemenang karna telah membuat naskah yang dinilai layak untuk menjadi pemenang.

Flyer Lomba Ketangkasan Berbahasa Tahun 2020

Seperti yang dapat dilihat pada flyer tersebut, Balai Bahasa Sulteng menyiapkan total hadiah mencapai 27 juta rupiah. Balai Bahasa Sulawesi Tengah berharap lomba ini dapat melatih dan menumbuhkan minat, bakat, dan kreativitas menulis siswa, serta kepekaan generasi muda terhadap masalah sosial dan kehidupan sekitar. Selain itu kegiatan lomba ini merupakan usaha dari balai bahasa sulteng untuk meningkatkan minat belajar dan berliterasi dari siswa sekolah ditengah pandemi virus corona ini. Dengan harapan walaupun melakukan belajar dari rumah (BDR) siswa tetap memiliki semangat dan atmosfer dalam bersaing secara sehat dan menulis dengan mengikuti lomba-lomba seperti ini.

Lomba ini mendapat respon yang cukup baik dari para siswa, hal ini dibuktikan dengan jumlah perserta yang mendaftar cukup banyak walaupun waktu yang disediakan panitia untuk mendaftar dan mengirimkan naskah hanya sekitar 2 minggu saja. Jumlah total pendaftar mencapai 196 orang, rinciannya adalah SD/MI: 84 siswa, SMP/MTs: 66 siswa, SMA/SMK/MA: 46 siswa.

Selain mendapat repon yang baik dari para siswa, lomba ini juga mendapat respon dan umpan balik yang baik dari para guru dan komunitas literasi di Sulawesi tengah. Seperti contohnya yang dikatakan salah satu siswi yang mengikuti lomba ini @nadyaputriyakub “Terima kasih kepada Balai Bahasa Sulawesi Tengah karna telah memberi saya kesempatan ini. Saya semakin semangat untuk terus berkarya”. Selain ada juga umpan balik dari dari @arya.ananta_reall “Terima kasih @balaibahasa sulteng, mulai sekarang saya akan semangat membuat karya-karya yang lebih bagus lagi”. Umpan balik tersebut di nyatakan para siswa di halaman Instagram Balai Bahasa Sulawesi Tengah.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan secara Daring, semua naskah akan dikirim dan diseleksi oleh dewan juri tanpa harus datang ke Balai Bahasa Sulawesi Tengah. Setelah pengumuman pemenang, hadiah dan penghargaan lain akan dikirim dan hanya yang berdomisili di Kota Palu saja yang boleh datang untuk penerimaan hadiah secara simbolis. Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2020.

About Admin

Check Also

Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Senin, 16 Januari 2023Dua staf Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *