Home » Berita » Bahasa » Pemantauan Pengiriman Buku Bahan Bacaan Literasi di Wilayah 3T Provinsi Sulawesi Tengah

Pemantauan Pengiriman Buku Bahan Bacaan Literasi di Wilayah 3T Provinsi Sulawesi Tengah

Halo #sahabatbahasa
Kepala Balai Bahasa bersama Duta Bahasa Sulawesi Tengah turun lapangan ke Kabupaten Donggala (1—5 November 2022) guna memantau ribuan buku yang dikirim oleh Kemendikbudristek ke ratusan sekolah se-Kabupaten Donggala. Selama 5 hari, tim dari Balai Bahasa bersama Duta Bahasa (Mas Farham) memeriksa, mengecek, dan memastikan buku bahan bacaan anak PAUD dan SD telah diterima dengan baik oleh sekolah-sekolah sasaran di Kabupaten Donggala.

Selama pemantauan, Tim Balai Bahasa bersama Duta Bahasa melakukan pemantauan ke 13 SDN penerima buku, yakni SDN 5 Sojol Utara, SDN 6 Sojol Utara, SDN 23 Sojol, SDN 1 Dampelas, SDN 1 Sindue Tombusabora, SDN 2 Sindue Tombusabora, SDN 4 Sindue Tombusabora, SDN 14 Balaesang, SDN 3 Sindue, SDN 6 Sindue, SDN 7 Sindue, SDN 22 Sindue dan SDN 3 Labuan.

Hasil pantauan lapangan, semua buku kiriman Kemendikbudristek telah tiba dengan baik di sekolah tujuan. Namun demikian, beberapa catatan yang diperoleh antara lain, tidak semua sekolah telah menata dan memfungsikan dengan baik buku-buku yang ada. 

Sekitar 1.700-an buku yang didistribusi ke tiap SDN bertujuan untuk memperkaya bahan bacaan literasi di sekolah sasaran. Dengan adanya buku-buku itu, nilai literasi sekolah dapat meningkat pada tahun-tahun berikutnya.

“Buku yang diterima sekolah berguna untuk memperkaya bahan bacaan anak, meningkatkan minat baca siswa. Semoga nilai asesmen literasi tahun berikutnya, nilai sekolah penerima buku dapat meningkat,” jelas Asrif pada setiap kepala sekolah penerima buku.

#gerakanliterasinasional
#badanbahasa
#kemdikbudristekri

Check Also

Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Senin, 16 Januari 2023Dua staf Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *