Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Pengumuman

Pembukaan Bulan bahasa dan Sastra 2020 Dibuka Oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Hari ini kita memasuki bulan Oktober 2020. Sejak 1980, setiap Oktober Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merayakan diikrarkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang dijunjung tinggi pada Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dalam perayaan yang dinamakan Bulan Bahasa dan Sastra.

Pada Oktober 2020 ini, karena pandemi Covid-19, Bulan Bahasa dan Sastra 2020 diselenggarakan secara virtual. Badan Bahasa beserta balai/kantor bahasa di seluruh Indonesia akan berkegiatan secara daring dan tanpa tatap muka langsung untuk mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Tema Bulan Bahasa dan Sastra 2020 adalah “Berbahasa untuk Indonesia Sehat”. Tema ini berkaitan erat dengan pemahaman bahwa kemampuan baik dalam berbahasa dan bersastra akan membantu masyarakat untuk saling memahami. Dengan kesalingpahaman tersebut, permasalahan apa pun dapat diatasi, termasuk dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan bangsa-bangsa di dunia harus menghadapi tantangan bersama.

Kata sehat dipilih untuk menggambarkan keadaan yang diinginkan oleh bangsa kita, yaitu bangsa yang sehat secara utuh. Untuk mewujudkan bangsa yang sehat, jasmani atau fisik dan rohani atau mental tidak dapat saling terpisah. Pada bagian itulah bahasa dan sastra berperan untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang sehat.

#BerbahasauntukIndonesiaSehat

#BulanBahasadanSastra2020

#BBS2020

#MerdekaBelajar

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *