Home » Berita » Bahasa » Pemerintah Kabupaten Banggai melaksanakan seminar nasional “Struktur Bahasa Andio”

Pemerintah Kabupaten Banggai melaksanakan seminar nasional “Struktur Bahasa Andio”

Halo Sahabat Bahasa. Rabu, 21 September 2022, Pemerintah Kabupaten Banggai melaksanakan seminar nasional “Struktur Bahasa Andio”. Kegiatan yang terlaksana di Hotel Estrella Banggai itu menghadirkan sejumlah pembicara antara yakni Dr. Asrif, M.Hum. (Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah), William (peneliti bahasa Andio dari Australia), Bapak Darwis Lumaga, S.Pd. (penutur jati bahasa Andio), dan Bapak Rahmat Djalil (Ketua/Tokoh Adat Suku Andio).
Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin, bertujuan mengukuhkan dan menyatakan bahwa masyarakat Kabupaten Banggai memiliki empat bahasa dari semula hanya tiga bahasa. “Di Kabupaten Banggai, terdapat empat bahasa daerah, yakni bahasa Banggai, Saluan, Balantak, dan terakhir ini bahasa Andio,” tegas Wakil Bupati Banggai.
Masyarakat adat Andio yang menghadiri seminar meminta Balai Bahasa mengakui bahasa Andio sebagai salah satu bahasa daerah di Kabupaten Banggai. Harapan itu disikapi oleh Asrif. Kepala Balai Bahasa itu menerangkan bahwa bahasa Andio telah diteliti oleh Tim Pemetaan Bahasa dari Balai Bahasa Sulteng pada tahun 2008. “Ada sanggahan dari masyarakat Andio. Kita telaah. Kalau data sanggahan itu kuat, kita pertimbangkan untuk menelaah kembali data yang ada,” jelas Asrif.
Saat ini, telah diidentifikasi tiga bahasa daerah di Kabupaten Banggai, yakni bahasa Banggai, Balantak, dan Saluan. Jumlah tersebut bisa saja bertambah jika diidentifikasi terdapat bahasa baru yang digunakan oleh masyarakat Kabupaten Banggai.

Check Also

Pendampingan UKBI dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra di Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Pendampingan UKBI dari PusbinPalu, 20—25 November 2022, Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *