Home » Berita » Bahasa » Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una melaksanakan Festival Moraa 21—24 Oktober 2022

Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una melaksanakan Festival Moraa 21—24 Oktober 2022


Hai Sahabat Bahasa. Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una melaksanakan Festival Moraa pada tanggal 21—24 Oktober 2022. Festival yang bertempat di Desa Uekuli itu menyuguhkan aneka kegiatan budaya, bahasa, dan sastra daerah, seperti nyanyian tradisi lisan Kayori, lomba bertutur bahasa daerah, lomba cipta lagu bahasa daerah, dan drama kolosal sejarah Kerajaan Tojo.
Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Asrif, turut menghadiri festival Moraa tahun 2022 yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Yudiawati V. Windarrusliana. Asrif mengapresiasi pelaksanaan Festival Mora yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Asrif melihat aneka pertunjukan seperti nyanyian lisan Kayori, lomba cerita rakyat, nyanyian daerah, dan drama kolosal sejarah dari berbagai daerah. “Kegiatan seperti ini sangat berguna membangkitkan kembali memori masyarakat tentang tradisinya, tentang akar budaya masyarakat, dan tentang pengetahuan tradisional masyarakatnya yang masih berkesesuaian dengan masa kini,” ungkap Asrif.
Selain ribuan masyarakat yang setiap malam menyaksikan kegiatan budaya, sejumlah stan pameran terlihat meramaikan pelaksanaan Festival Moraa. Asrif mendatangi satu persatu setiap stan pameran dan mengajak setiap aparatur sipil negara yang menjaga stan untuk terus melestarikan bahasa dan sastra daerah, juga tetap mengutamakan bahasa negara.

Check Also

Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Senin, 16 Januari 2023Dua staf Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *