Home » Berita » Revitalisasi Sastra Lisan Kayori di Kabupaten Poso

Revitalisasi Sastra Lisan Kayori di Kabupaten Poso

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah (BBPST) melaksanakan Revitalisasi Sastra Lisan Kayori di Kabupaten Poso. Tim Revitalisasi Sastra BBPST terdiri atas empat orang, yaitu Siti Fatinah, Deni Karsana, Tamrin, dan Ficca Septiani. Kegiatan itu dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, survei, koordinasi, dan pelatihan. Tahap kedua, pementasan. Tahap survei, koordinasi, dan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 3—8 Juli 2021. Tanggal 3 Juli 2021 bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Tim Revitalisasi Sastra BBPST telah melakukan Diskusi Kelompok Terpumpun yang dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, Kepala Bidang Pendidikan, Sekretaris Camat Poso Pesisir, Kepala Desa Masani, tim pengajar/maestro kayori, ketua adat, dan panitia daerah.
Senin, 5 Juli 2021 bertempat di Banua Mpogombo, Kantor Desa Masani, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, kegiatan Pelatihan Revitalisasi Sastra Lisan Kayori di Kabupaten Poso dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Poso, Yan Edward Guluda, S.H., M.H. Pada pembukaan itu turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, Drs. Victor Tumonggi, M.S.; Sekretaris Camat Poso Pesisir; Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Sandra Safitri Hanan, M.A.; tim pengajar/maestro kayori; serta tamu undangan lainnya.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan narasumber, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso. Kadis pendidikan menyajikan materi kebijakan pemerintah daerah terkait dengan pelindungan bahasa dan sastra, serta upaya revitalisasi sastra lisan kayori di Kabupaten Poso. Kemudian, peserta revitalisasi sastra yang terdiri atas 24 orang siswa SD dan SMP dilatih menghafal dan mendendangkan syair kayori sekaligus menari Tendebomba oleh tim pengajar, Bapak Rein Puragombo dan Bapak Yonggu Lemba Sumboli.

Selasa—Kamis, 6—8 Juli 2021, tim pengajar didampingi tim revitalisasi sastra melanjutkan melatih peserta untuk menghafal dan mendendangkan syair kayori sekaligus menari Tendebomba, Tari Makayori, dan Tari Kreasi Tendebomba.

Check Also

Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah

Senin, 16 Januari 2023Dua staf Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti Pelantikan Pejabat Fungsional Widyabasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *