Balai Bahasa Sulawesi Tengah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bahasa Berita Sastra

Yayasan Babasal Mombasa, salah satu penerima bantuan pemerintah untuk komunitas sastra, melaksanakan Festival Sastra Banggai (FSB) tahun 2023

Halo, Sahabat Bahasa! Kami informasikan bahwa salah satu penerima bantuan pemerintah untuk komunitas sastra yakni Yayasan Babasal Mombasa, pada tanggal 6—9 September 2023 melaksanakan Festival Sastra Banggai (FSB) di Teluk Lalong Kota Luwuk, Kabupaten Banggai. Acara FSB tahun 2023 yang merupakan pelaksanaan program kerja dari bantuan pemerintah untuk komunitas sastra dihadiri oleh peserta yang tidak hanya dari Kabupaten Banggai, tetapi juga hadir sejumlah penulis dan sastrawan dari Palu, Ambon, Kupang, Samarinda, Makassar, Yogyakarta, dan berbagai wilayah lainnya di Indonesia.

Bupati Banggai turut menghadiri dan membuka Festival Sastra Banggai di Kabupaten Banggai pada tanggal 6 September 2023. Selain Bupati Banggai, turut hadir Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, Kajari Banggai, Wakapolres Banggai, para pimpinan OPD, dan sejumlah pimpinan perusahaan swasta, juga dua staf sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbudristek. Sejumlah 16 penulis/sastrawan se-Indonesia menghadiri festival tersebut (6 penulis dibiayai oleh bantuan pemerintah Badan Bahasa). Festival Sastra Banggai tahun 2023 ini bersumber dari dana bantuan pemerintah komunitas sastra Tahun Anggaran 2023 Badan Bahasa.

Selama empat hari, ratusan siswa dan mahasiswa mengikuti pelatihan dan sejumlah kegiatan kesastraan lainnya. “Kegiatan ini sangat positif. Sejumlah rangkaian kegiatan telah dimulai sejak tanggal 6 September 2023. Semoga akan lahir para pelaku sastra dari Banggai yang akan selalu berkontribusi positif bagi wilayah Banggai dan Indonesia,” jelas Asrif.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *