ARSIP DISKUSIKategori: UmumTips Memilih Oli Motor Terbaik
pmbuntar asked 4 bulan ago

Dalam memilih oli motor terbaik, tentu tidak boleh asal. Ada sejumlah hal yang perlu kamu ketahui, sebelum melakukan pembelian. Mulai dari tingkat kekentalan (SAE), kode mutu (API), sampai dengan jenisnya.
Semua itu perlu kamu perhatikan sebelum menentukan oli yang bakal dipakai. Tidak ketinggalan, harga juga perlu dicek. Bukan pilih oli mahal, tapi yang terbaik. Jadi, soal harga sungguh relatif.
Agar kamu tidak salah dalam memilih oli motor terbaik, berikut tips dan langkah-langkahnya:
Ketahui Arti Kode SAE, Sebelum Memilih Oli Motor
Ketika mau membeli oli pengganti, kamu wajib perhatikan kemasannya terlebih dulu. Biasanya ada kode SAE 10W-30, SAE 20W-40, SAE 20W-50, dan lain-lain. Apa artinya itu?
SAE merupakan kependekan dari Standar Society of Automotive Engineers. Untuk kamu ketahui, SAE adalah badan internasional yang indeks kekentalannya juga dipakai di berbagai belahan dunia.
Kemudian angka setelah huruf SAE menggambarkan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin. Lalu angka setelah huruf W atau paling belakang adalah tingkat kekentalan ketika mesin dalam kondisi bekerja atau sudah panas Semakin besar angkanya maka semakin kental rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia pada kondisinya. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil angka maka oli lebih encer.
Ambil contoh oli motor Honda Beat, biasa pakai SAE 10W-40. Maka ikuti saja kode tersebut ketika ingin membeli oli baru untuk penggantian. Kecuali usia motor kamu sudah di atas lima tahun atau mencapai jarak lebih dari 100.000 Km. Jika demikian, oli yang lebih kental akan dibutuhkan untuk
Faktor usia tersebut bisa diakali dengan penggunaan oli yang lebih kental satu tingkat, jadi SAE 10W-40. Kenapa? Hal ini dikarenakan pada motor tua tingkat keausan lebih tinggi, sehingga menyebabkan gap atau celah antara komponen mesin seperti piston dan silinder. Buat merapatkannya kembali, maka dibutuhkan oli yang lebih kental.

Tips Memilih Oli Motor Terbaik